IMG-LOGO

Lomba Menyambut Hari Anak Nasional Bersama Tim KKN UGM

Create By 03 August 2023 105 Views

Hari Anak Nasional yang diperingati setiap tanggal 23 Juli tercetus berdasarkan disahkannya Undang-Undang Kesejahteraan Anak pada 23 Juli 1979. Dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional, Tim KKN-PPM UGM Unit JT-162 Desa Giripurno menyelenggarakan berbagai kegiatan dan lomba dengan tema lingkungan untuk meningkatkan kreativitas anak-anak. Tema lingkungan diusung untuk menyadarkan anak-anak bahwa setiap benda alami di lingkungan sekitar dapat dimanfaatkan untuk banyak hal. Rangkaian kegiatan Peringatan Hari Anak Nasional di Desa Giripurno diselenggarakan dari tanggal 22—23 Juli 2023 dengan semangat dari anak dan untuk anak. Seluruh kegiatan peringatan Hari Anak Nasional diselenggarakan di Balai Ekonomi Desa (Balkondes) Desa Giripurno.

 

Kegiatan dimulai pada tanggal 22 pagi dengan peserta, yaitu anak-anak usia Taman Kanak-Kanak (TK) maupun Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Dimulai dengan kegiatan senam bersama anak-anak, orang tua, serta para guru TK dan PAUD. Kegiatan senam tersebut tidak hanya bertujuan untuk kebugaran jasmani, melainkan juga meningkatkan kedekatan antara anak-anak dengan orangtua. Kegiatan dilanjutkan dengan sesi mendongeng oleh salah satu anggota tim KKN-PPM UGM Unit Giripurno untuk meningkatkan literasi anak. Dongeng yang dibacakan adalah dongeng berjudul “Keong Kerdil dan Kura Kecil yang Suka Di-bully” yang mengajarkan anak untuk tidak melakukan perundungan terhadap orang lain, khususnya terhadap teman sebaya. Hari pertama peringatan Hari Anak Nasional ditutup dengan pembuatan kerajinan tangan dari manik-manik yang bertujuan untuk meningkatkan kreativitas anak. Pembuatan kerajinan didampingi oleh para anggota tim KKN-PPM UGM Unit JT-162 Desa Giripurno dengan hasil kerajinan berupa gelang dan cincin.

 

Foto Bersama pada Akhir Kegiatan di Hari Pertama

 

 

Puncak kegiatan peringatan Hari Anak Nasional di Desa Giripurno pada tanggal 23 Juli 2023 dengan peserta anak-anak dari SD NegeriGiripurno 1 dan SD Negeri Giripurno 2 dibuka dengan pemberian sambutan oleh Kepala Desa Giripurno, yaitu Bapak Pujowandi. Bapak Pujowandi menyampaikan respon positif dan mendukung kegiatan peringatan Hari Anak Nasional yang diselenggarakan di Desa Giripurno karena untuk pertama kalinya Desa Giripurno menyelenggarakan kegiatan untuk memperingati Hari Anak Nasional.

 

Kepala Desa Giripurno Bapak Pujowandi

 

 

Setelah pemberian sambutan dilanjutkan dengan lomba mewarnai dengan menempelkan bahan-bahan yang telah dipersiapkan oleh Tim KKN-PPM UGM Unit JT-162 Desa Giripurno. Bahan-bahan yang dipersiapkan oleh tim berupa dedaunan, beras, maupun berbagai jenis biji-bijian dengan bermacam-macam warna. Bahan yang didapat dari alam tersebut menyesuaikan dengan tema peringatan kali ini yaitu lomba berbasis lingkungan. Antusiasme anak-anak dalam mengikuti lomba terlihat dari hasil akhir lomba berupa 3 juara dan 1 nominasi paling kreatif.

 

Kegiatan Lomba Mewarnai dengan Bahan-bahan dari Alam

 

Acara dilanjutkan dengan lomba lari menggunakan egrang yang terbuat dari batok kelapa. Egrang adalah salah satu permainan tradisional menggunakan tali dan batok kelapa sebagai pijakan. Lomba lari egrang dilakukan dengan jarak kurang lebih 10 meter untuk putra maupun putri dan para peserta harus mempertahankan keseimbangan mereka. Anak-anak sangat antusias mengikuti lomba ini hingga final lomba putra dilakukan sebanyak 3 kali untuk menentukan 1 juara.

 

Kegiatan selanjutnya adalah penampilan kesenian warok oleh anak-anak SD Negeri Giripurno 2. Penampilan kesenian warok tersebut menggunakan konsep dari anak dan untuk anak supaya dapat meningkatkan kesadaran anak akan pentingnya melestarikan segala bentuk kesenian.

 

Penampilan Kesenian Warok

 

Acara penutup dari peringatan Hari Anak Nasional di Desa Giripurno oleh tim KKN-PPM UGM Unit JT-162 Desa Giripurno berupa pembuatan kerajinan tangan yang terbuat dari janur (daun kelapa muda). Anak-anak sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini dengan membuat keris dari janur. Berbagai kegiatan yang diselenggarakan untuk memperingati Hari Anak Nasional tersebut berjalan dengan baik dan diharapkan dapat diselenggarakan kembali setiap tanggal 23 Juli untuk terus meningkatkan pengetahuan dan kreativitas anak.

 

Kegiatan Membuat Kerajinan dari Janur Sebagai Penutup Rangkaian Acara

 

 

Referensi:
- https://www.goodnewsfromindonesia.id/2023/07/27/sambut-hari-anak-nasional-kkn-ugm-adakan-lomba